Kamis, 18 September 2014

Lomba Petugas O&P Teladan Tingkat Nasional Tahun 2014

Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Pertambangan dan Energi adalah salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat. Dinas PSDAPE memiliki visi misi sebagai berikut :

VISI
Terwujudnya Intensitas Tanam yang Optimal dari Irigasi yang Mantap serta Mendorong Kegiatan Pertambangan yang Berwawasan Lingkungan dengan Memanfaatkan Sumber Daya Daerah Kabupaten Majalengka bagi Kehidupan Masyarakat

MISI
  • Mempertahankan dan Meningkatkan Kuantitas serta Kualitas Sarana Irigasi, Tambang dan Energi.
  • Meningkatkan Kelestarian Sumber-sumber Daya Air, Pertambangan dan Energi.
  • Meningkatkan Disiplin Para Petugas Pengelolaan Sumber Daya Air, Pertambangan dan Energi secara Profesional.
  • Memberdayakan Masyarakat Petani sebagai Pengelola dan Pemakai Air.
  • Mengembangkan kekuatan ekonomi kerakyatan sebagai tulang punggung pembangunan ekonomi di Kabupaten Majalengka.


MOTTO
LESTARIKAN MATA AIR SEBELUM MENJADI AIR MATA

Struktur Organisasi Dinas PSDAPE Kab. Majalengka


Tahun 2014 Bidang Pemanfaatan Sumber Daya Air mengalokasikan dana untuk kegiatan Lomba Petugas O&P Tingkat Kabupaten dengan kategori Pengamat UPTD dan Juru yang diikuti oleh 9 UPTD. Pada Tahun 2014 juara pertama Lomba Petugas O&P Tingkat Kabupaten dengan kategori Pengamat UPTD diraih oleh Pengamat UPTD Jaringan Irigasi Wilayah Majalengka, sedangkan untuk kategori juru diraih oleh juru pengairan UPTD Jaringan Irigasi Wilayah Dawuan.

Juara pertama Lomba Petugas O&P Tingkat Kabupaten Majalengka kategori Pengamat dan Juru mengikuti Lomba Petugas O&P Tingkat Provinsi yang diselenggarakan di Dinas PSDA Jawa Barat. Juara pertama kategori Pengamat diraih oleh Pengamat UPTD Jaringan Irigasi Wilayah Majalengka, sedangkan untuk kategori juru diraih oleh juru pengairan Kabupaten Cianjur. Selanjutnya juara pertama kategori pengamat dan juru akan mengikuti Lomba Petugas O&P Tingkat Nasional Tahun 2014 mewakili provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan pada tanggal 22 Agustus 2014 di Padang.



Lomba Petugas O&P Tingkat Nasional Tahun 2014 dilaksanakan 2 kali penilaian. penilaian pertama dengan bobot 40% yaitu presentasi, sedangkan penilaian kedua dengan bobot 60% yaitu lapangan. Pada penilaian presentasi, Pengamat UPTD Jaringan Irigasi Wilayah Majalengka mempresentasikan Daerah Irigasi Cigasong. Walaupun persiapan pembuatan power point dan makalah untuk mempresentasikan Daerah Irigasi Cigasong terkesan seadanya, namun dengan wawasan Pengamat UPTD Jaringan Irigasi Wilayah Majalengka mengenai Operasi dan Pemeliharaan yang mumpuni serta dapat memecahkan masalah Operasi dan Pemeliharaan dengan baik, UPTD Jaringan Irigasi Wilayah Majalengka mewakili provinsi Jawa Barat akhirnya mendapat nominasi 3 besar kalah bersaing dengan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Namun hasil tersebut dapat berubah ketika penilaian dilapangan tidak memuaskan.

Pada tanggal 16 September 2014 dilaksanakan penilaian  lapangan di wilayah Pengamat UPTD Jaringan Irigasi Wilayah Majalengka. Penilaian lapangan meliputi kelembagaan, kegiatan operasi dan pemeliharaan. Hasil penilaian lapangan oleh 5 tim juri dimasukan ke dalam kotak, kemudian kotak tersebut akan di buka pada tanggal 3 Desember 2014 (hari PU). Dengan kata lain juara 1, 2, 3 akan diketahui pada tanggal 3 Desember 2014.





Penyambutan Tim Penilai Lomba Petugas O&P Teladan Tahun 2014







Kegiatan Penialaian Lapangan


Memasukan Hasil Penilaian Lapangan Ke Dalam Kotak


Photo Bersama Dengan Tim Penilai Lomba Petugas O&P Teladan Tingkat Nasional Tahun 2014

1 komentar: