Jumat, 01 Juni 2012

TIPS MENDAKI GUNUNG BAGI PEMULA


Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula - Selain perlengkapan naik gunung yang harus lengkap, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat naik gunung terutama buat yang pertama kali mendaki gunung.

Hal utamanya adalah peralatan naik gunung seperti sepatu dan alat-alat lainnya, berikut adalah hal wajib yang harus anda ketahui agar perjalanan mendaki gunung anda tidak terganggu.

1. Atur nafas selama perjalanan
Ini adalah faktor pertama dan utama. Dalam perjalanan mencapai puncak, Anda akan melewati banyak tantangan seperti tanjakan, turunan atau medan-medan yang berat. Aturlah nafas Anda agar tidak cepat merasa lelah. Mengatur nafas dapat dilakukan dengan cara mengambil langkah kaki yang konsisten. Jangan melangkah terlalu cepat atau terlalu lambat. Selain itu, jangan istirahat terlalu lama, karena akan membuat badan Anda menjadi dingin sehingga terasa berat untuk kembali melanjutkan perjalanan.

2. Minum secukupnya
Rasa haus akan menghampiri Anda selama perjalanan. Maka, siapkan air minum dan minumlah secukupnya. Jangan minum terlalu banyak atau sedikit. Jika terlalu banyak, perjalanan Anda akan terganggu dengan perasaan ingin buang air kecil. Minumlah secukupnya untuk menghindari tubuh Anda dari dehidrasi. Selain itu, dengan minum cukup, Anda juga menghemat air minum yang dibawa bukan?

3. Perhatikan lingkungan sekitar
Jangan lupa untuk memperhatikan lingkungan sekitar Anda. Selain untuk pembelajaran, Anda juga akan lebih mengenal medan perjalanan. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam perjalanan turun gunung. Sehingga, Anda mengetahui titik-titik mana yang sulit dilewati.

4. Jangan sampai ketinggalan rombongan
Ingat, tetaplah bersama rombongan. Jangan jalan terlalu cepat atau pun terlalu lambat, sehingga tertinggal oleh rombongan Anda. Dengan berjalan bersama rombongan, kemanan dan kenyamanan akan lebih terjamin. Anda bisa berbagi makanan dan minuman bersama, serta mempunyai teman ngobrol selama perjalanan.



5. Taati semua peraturan
Satu hal yang penting, taatilah semua peraturan dalam mendaki gunung. Baik itu lisan maupun tulisan. Beberapa peraturan yang tertulis seperti tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak alam dan tidak membunuh binatang. Beberapa peraturan yang tidak tertulis adalah mitos-mitos masyarakat setempat. Salah satunya adalah mengucapkan 'permisi' atau salam di beberapa titik, jangan melewati jalur yang dilarang untuk dilewati, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah informasi tips mendaki gunung yang dikutip dari detik. Memang mendaki gunung merupakan sebuah perjalanan adventure yang menyenangkan. Dengan peralatan naik gunung yang baik tentu anda akan terhindar dari segala kemungkinan terburuk selama naik gunung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar